Rabu, 13 April 2011

kenapa anak kecil harus diajari shalat 5 waktu

sahlat adalah rukun islam, yang kedua namun punya kedudukan pertama. karena jika shalat seseorang diterima oleh Allah maka diterima pulalah segala amal baiknya, namun jika shalatnya tidak diterima maka, amal kebaikannya juga akan ditolak.

tentang kewajiban shalat 5 waktu,tentang keharusan kita menyuruh anak kita mengerjakan shalat.
Rasulullah menegaskan, “Perintahkan anakmu untuk shalat saat usia tujuh tahun dan pukullah mereka (jika meninggalkan shalat) saat usia sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (Riwayat Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Baihaqi, dan lain-lain)

apa sebenarnya yang diajarkan shalat kepada anak kita?

1. shalat mengajarkan kepada anak kita tentang kedisiplinan. seperti kita tahu bahwa shalat ada 5 waktu, dan tiap2 waktu shalat telah ditentukan. jadi dengan mengajarkan anak kita untuk mendirikan shalat lima waktu, mereka akan terdidik untuk tepat waktu, karena mereka mendirikan shalat pada jam2 waktu shalat.

2. shalat mengajarkan kejujuran. seperti kita ketahui juga bahwa shalat itu terdiri dari beberapa rakaat tergantung shalat apa yang didirikan, misal: shalat shubuh 2 rakaat, magrib tida rakaat, isya 4 rakaat dst. dengan mengajarkan anak kita untuk mendirikan shalat lima waktu, mereka akan terdidik untuk jujur, lebih besarnya. jika kelak anak kita menjadi pemimpin insya Allah tidak akan korupsi, karena tidak mungkin mereka mengurangi rakaat shalat, meskipun tidak ada yang melihat.

3. shalat tidak mengajarkan kesombongan. seperti kita tahu kepala adalah anggota tubuh yang paling kita hormati (setidaknya di indonesia), dan mungkin kita sangat marah jika seseorang mengeplak kepala kita, namun ketika kita berhadapan dengan Allah apa yang kita anggap mulia, sama rendahnya dengan telapak kaki kita.

namun sayang, banyak pemimpin yang beragama muslim namun melakukan korupsi. kenapa ini bisa terjadi?
itu karena mereka mengerjakan shalat, bukan mendirikan shalat.
ingat perintahnya adalah aqimishalat atau dirikanlah shalat, dengan kata lain jika ada pemimpin korup mungkin mereka terlihat suka shalat, namun itu merupakan ritual belaka. tidak meresapi apa yang diajarkan dalam shalat.

Tidak ada komentar: